Senin, 25 Juli 2011

SAHABAT

Halo.. kali ini saya mau membahas tentang sebuah persahabatan.
Oke, hal pertama yang tergambar didalam benak saya saat mendengar kata "SAHABAT" itu teman - teman dekat saya, mungkin kalian juga merasa seperti itu, atau bahkan ada yang merasa beda? 

Kalau menurut sebuah situs pencarian berbahasa Indonesia pengertian sahabat itu sendiri adalah adalah istilah yang menggambarkan perilaku kerja sama dan saling mendukung antara dua atau lebih entitas sosial.  Dalam pengertian ini, istilah "persahabatan" menggambarkan suatu hubungan yang melibatkan pengetahuan, penghargaan dan afeksi. Sahabat akan menyambut kehadiran sesamanya dan menunjukkan kesetiaan satu sama lain, seringkali hingga pada altruisme. Selera mereka biasanya serupa dan mungkin saling bertemu, dan mereka menikmati kegiatan-kegiatan yang mereka sukai. Mereka juga akan terlibat dalam perilaku yang saling menolong, seperti tukar-menukar nasihat dan saling menolong dalam kesulitan. Sahabat adalah orang yang memperlihatkan perilaku yang berbalasan dan reflektif. Namun bagi banyak orang, persahabatan seringkali tidak lebih daripada kepercayaan bahwa seseorang atau sesuatu tidak akan merugikan atau menyakiti mereka.

Nilai yang terdapat dalam persahabatan seringkali apa yang dihasilkan ketika seorang sahabat memperlihatkan secara konsisten:
  1. Kecenderungan untuk menginginkan apa yang terbaik bagi satu sama lain.
  2. Simpati dan empati.
  3. Kejujuran, barangkali dalam keadaan-keadaan yang sulit bagi orang lain untuk mengucapkan kebenaran.
  4. Saling pengertian.


Seringkali ada anggapan bahwa sahabat sejati sanggup mengungkapkan perasaan-perasaan yang terdalam, yang mungkin tidak dapat diungkapkan, kecuali dalam keadaan-keadaan yang sangat sulit, ketika mereka datang untuk menolong. Dibandingkan dengan hubungan pribadi, persahabatan dianggap lebih dekat daripada sekadar kenalan, meskipun dalam persahabatan atau hubungan antar kenalan terdapat tingkat keintiman yang berbeda-beda. Bagi banyak orang, persahabatan dan hubungan antar kenalan terdapat dalam kontinum yang sama.

Kalian tahu tidak kata sahabat itu berasal dari mana?
Sebenarnya kata sahabat itu sendiri berasal dari bahasa arab shahabah (ash-shahaabah, الصحابه) yang pada mulanya merujuk pada sahabat Nabi.

Sahabat itu selalu ada dalam suka, duka, tawa, canda, dan amarah dalam sahabatnya sendiri. Sahabat juga bisa memahami semua perbuatan dan tingkah laku serta menerima dan memaafkan semua kesalahan sahabatnya (meskipun harus bersitegang awalnya).

Terkadang sahabat terlihat keras dan marah kepada kita karena berbeda pendapat dalam permasalahan yang sedang kita hadapi, sadar atau tidak sebenarnya dia itu sedang membuka mata hati dan pikiran kita dan tak ingin kita tersakiti karena telah memilih sebuah keputusan yang salah. Mungkin hanya caranya saja yang kita tidak dapat menerimanya. Coba deh buat yang sekarang lagi bersitegang sama sahabatnya koreksi diri sendiri dulu, dan cerna baik - baik semua perkataan sahabatnya itu.

Jadi, sayangilah sahabatmu selagi ia masih bersamamu, dan jangan pernah kamu memutuskan tali silaturahmi terhadap sahabatmu yang benar - benar mengerti dan memahami kamu sejak bertahun - tahun lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar